LAMPUNG HARUS WASPADAI FAKTOR DESTRUKTIF

Pemuda adalah asset penting bagi sebuah Negara untuk menjadi penerus dan menopang sebuah kemajuan dan kemandirian suatu Negara.  Jika asset ini tidak dibentuk dengan baik sejak dini maka dapat dipastikan bahwa kehancuran Negara ada didepan mata. Untuk itu sangat dibutuhkan suatu proteksi untuk pemuda agar terbebas dari  factor destruktif. Pemuda sendiri menurut undang-undang adalah mereka yang berusia dari 16-30 tahun.

Factor destruktif atau factor perusak generasi bangsa ini antara lain seperti Narkoba, Pornografi,  Free Sex, Tawuran, HIV/AIDS dll. Semua factor ini ada di masyarakat dan selalu berkembang untuk menjangkiti setiap pemuda yang tidak memproteksi dirinya dengan kuat atau menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang positif. Lingkungan juga akan sangat menentukan berkembangnya factor ini.

Lampung adalah provinsi yang sangat berpotensi besar menyebarnya wabah factor destruktif ini mengingat lampung adalah provinsi yang sedang berkembang dan menjadi sebuah pintu gerbang sumatera.  Kondisi setrategis dengan kemudahan akses ini  perlu diwaspadai agar factor destruktif ini tidak menjangkit para pemuda lampung.

Mengingat  Lampung yang ditetapkan sebagai provinsi yang memiliki angka putus sekolah tertinggi dan dengan APK terendah ini tentulah sangat berbahaya jika tidak ada penanganan khusus baik dari pemerintah daerah ataupun dari masyarakat lampung sendiri.  Pendidikan formal adalah pondasi yang tepat sebagai penangkal factor destruktif namun hal ini tidak berlaku untuk mereka yang tidak  bersekolah. Perlu tindakan yang tepat di 2013 kedepan ini karena perubahan sosial dan globalisasi akan mempercepat berkembangnya factor destruktif ini.

Sudah saatnya bagi pemerintah dan masyarakat harus berfokus dan serius dalam memproteksi pemuda dari factor perusak ini. Dengan melakukan pengawasan  yang ketat dan menciptakan metode kegiatan yang positif dan diterapkan dalam pendidikan formal dan non-formal serta aplikatif terhadap masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s